Thursday, January 16, 2014

Disney Princess



 



Selain Barbie, aku juga sangat menyukai semua tokoh di Disney Princess, karena mereka juga terlihat seperti Barbie yaitu sebagai seorang putri. Yang namanya sebagai putri pasti memiliki pangeran, dan diakhir cerita sang putri ini akan selalu hidup bahagia dengan pangerannya.

Disney Princess adalah media franchise yang dimiliki oleh The Walt Disney Company . Dibuat oleh Disney Consumer Products yang diketuai oleh Andy Mooney di akhir 1990-an, waralaba memiliki line-up dari pahlawan wanita fiksi yang telah muncul di berbagai Disney franchise .
 
Waralaba tidak benar-benar mencakup semua putri mencatat dari media Disney sebagai nama menyarankan, tetapi hanya beberapa anggota yang umum digunakan, terutama dari film animasi. Sebelas anggota saat ini waralaba adalah Putri Salju, Cinderella, Aurora, Ariel, Belle, Jasmine, Pocahontas, Mulan, Tiana, Rapunzel dan Merida. Franchise ini telah merilis boneka, menyanyi di sepanjang video, pakaian, dekorasi rumah, mainan dan berbagai produk lainnya yang menampilkan Disney Princesses.
Seperti apa sih karakter di Disney Princess ?

1.       Snow White (Putri Salju), adalah karakter pertama yang diciptakan dan asli Disney Princess. Dalam filmnya yang ditayangkan oleh Walt Disney yang berjudul “Putri Salju dan Tujuh Kurcaci”. Dia adalah seorang putri yang terlahir dengan kulit seputih salju, bibirnya merah seperti mawar, dan rambutnya sehitam kayu eboni. Putri salju memiliki seorang ibu tiri yang sangat kejam karena ibunya iri dengan kecantikan yang dia miliki. Putri salju mencari perlindungan di rumah tujuh kurcaci dari ibu tirinya.

2.       Cinderella, karakter kedua dari Disney Princess, filmnya dirilis pada tahun 1950. Cinderella sering dianggap sebagai “Pemimpin Disney Princesses”. Dimana dia memiliki seorang ibu tiri dan 2 orang saudari tiri yang memperlakukannya seperti pembantu di rumahnya sendiri. Kemudian dia bertemu dengan ibu peri sebelum datang ke pesta dansa pangeran, tetapi ketika tepat jam 12 malam, kondisinya berubah seperti semula. Dia juga terkenal dengan sepatu kacanya yang terlepas.

3.       Aurora, adalah karakter ketiga dari Disney Princess. Film pertamanya berjudul “Sleeping Beauty” (1959). Aurora memiliki kutukan yang diberikan oleh seorang penyihir yang tidak suka kepada keluarganya. Kutukannya berupa tertusuk jarum ketika usianya 17 tahun, dan ketika sudah tertusuk, Aurora akan tertidur selama 100 tahun dan akan terbangun kembali dengan datangnya cinta sejati.

4.       Ariel, adalah karakter keempat dari Disney Princess. Filmnya yang berjudul “The Little Mermaid” dirilis pada tahun 1989. Ariel adalah putri dari Raja Triton dan anak bungsu dari tujuh bersaudara. Dia melakukan suatu perjanjian dengan seorang penyihir laut yang bernama Ursula untuk merubah ekor duyungnya menjadi kaki manusia, tetapi Ariel harus kehilangan suaranya.

5.       Belle, adalah karakter kelima dari Disney Princess, film pertamanya yang berjudul “Beauty and The Beast” pada tahun 1991. Belle menggantikan ayahnya untuk tinggal di sebuah istana besar yang dihuni oleh seorang monster. Meskipun awalnya monster itu jahat kepadanya, tetapi lama-kelamaan monster itu baik kepada Belle. Monster itu adalah seorang manusia yang dikutuk oleh penyihir dan akan menjadi manusia kembali jika mendapatkan ciuman cinta sejatinya.

6.       Jasmine, adalah karakter keenam dari Disney Princess, filmnya yang berjudul “Aladdin” pada tahun 1992. Dia jatuh cinta dengan Aladdin ketika Aladdin menyamar sebagai seorang pangeran, dan membawanya terbang menaiki karpet ajaib. Jafar menggunakan sihir seorang jin untuk menggulingkan ayah Jasmine dari takhtanya. Aladdin yang merebut kembali takhta itu dari Jafar. Setelah kekalahan Jafar, Aladdin dan Jasmine pun menikah.

7.       Pocahontas adalah karakter ketujuh dari Disney Princess, filmnya yang berjudul “Pocahontas” pada tahun 1995. Pocahontas ditampilkan sebagai seorang wanita muda yang mulia, mandiri dan sangat spiritual. Dia mengungkapkan kebijaksanaan melebihi usianya dan menawarkan kebaikan dan bimbingan untuk orang-orang di sekelilingnya. Seorang petualang dan pecinta alam, di film itu dia tampaknya memiliki kekuatan gaib karena ia mampu berkomunikasi dengan alam, berbicara dengan roh, berempati dengan hewan dan memahami bahasa yang tidak diketahui.

8.       Mulan (Fa Mulan), adalah karakter kedelapan dari Disney Princess, filmnya yang berjudul “Mulan” pada tahun 1998. Film ini diadaptasi dari legenda Hua Mulan (386-534). Mulan bukanlah karakter gadis yang lembut, sopan santun, anggun, dan diam, tetapi dia adalah karakter yang spontan dan blak-blakan. Namun, keberanian, kecerdasan, dan tekad membantunya melewati petualangannya, di mana ia menyamarkan dirinya sebagai seorang prajurit laki-laki untuk berperang di tentara Cina di tempat ayahnya terluka.

9.       Tiana, adalah karakter kesembilan dari Disney Princess. Filmnya yang berjudul “Putri dan si Katak” pada tahun 2009 diadaptasi dari novel yang berjudul “The Frog Princess”. Tiana adalah terutama Afrika-Amerika pertama Disney Princess, digambarkan sebagai seorang wanita muda pekerja keras, ambisius, dan cantik yang tidak memiliki kepentingan cinta (pada awal film). Tinggal di New Orleans, Louisiana, sejak tahun 1920. Tiana berusaha untuk mencapai tujuannya membuka restoran sendiri. Namun, dia berubah menjadi katak setelah mencoba untuk memecahkan mantra dilemparkan oleh Bokor tentang Prince Naveen yang telah mengubah dirinya menjadi katak juga. Sepanjang film, pasangan harus memulai pencarian untuk menemukan cara untuk memecahkan mantra. 

10.   Rapunzel, adalah karakter kesepuluh dari Disney Princess. Filmnya yang berjudul “Tangled” pada tahun 2010. Seorang putri terlahir dengan rambut panjang keemasan ajaib. Rapunzel diculik dari orangtuanya pada masa kanak-kanak dan dibesarkan oleh Mother Gothel, seorang wanita tua yang memanfaatkan rambutnya untuk tetap muda dan cantik. Dikurung di sebuah menara yang tinggi selama delapan belas tahun, Rapunzel meminta bantuan seorang pencuri yang sedang dicari-cari yang bernama Flynn Rider untuk melihat lentera mengambang dalam waktu untuk ulang tahun yang kedelapan belas. 

11.   Merida, adalah karakter kesebelas dari Disney Princess, pertama kali muncul dalam film pixar “Berani” pada tahun 2012. Merida adalah putri berusia 16 tahun dari Ratu Elinor, yang memerintah kerajaan bersama Raja Fergus. Meskipun keinginan Elinor untuk melihat Merida sebagai wanita kerajaan yang tepat, Merida adalah seorang gadis ceroboh yang ingin mengendalikan nasib sendiri. Dia telah mengasah keahliannya dalam memanah dan merupakan salah satu pemanah paling terampil yang pernah dilihat. Dia juga terampil dalam pertempuran pedang dan cross-country horseriding pada kudanya, Angus. 

Tenyata Disney Princess itu sudah ada sejak pertengahan abad ke 20 sekitar tahun 1950’an. Pada tahun segitu orang tua kita juga belum dilahirkan. Usia Disney Princess lebih lama dari usia Barbie, tetapi sampai saat ini pun Disney Princess masih tetap disukai banyak orang.