Tuesday, December 4, 2012

Peran Mahasiswa dalam Mempertahankan Bahasa Indonesia sebagai Bahasa Persatuan


Di zaman modern seperti sekarang ini, mencintai bahasa bangsa sendiri merupakan kebanggaan besar terutama bangsa Indonesia. Bahasa Indonesia digunakan di seluruh wilayah kepulauan Indonesia. Dari kota besar hingga ke pelosok desa orang-orang menggunakan bahasa Indonesia untuk berkomunikasi sehari-hari. Sebagai orang Indonesia kita patut bangga karena bahasa Indonesia merupakan bahasa nasional atau bahasa resmi Negara, dan sekaligus sebagai bahasa yang mempersatukan orang-orang yang berada di seluruh wilayah kepulauan Indonesia dengan berbagai keragaman bahasa dan budayanya.

Berbicara mengenai bahasa tidak akan lepas dengan isu-isu nasionalisme, karena bahasa Indonesia yang dalam kedudukannya sebagai bahasa nasional berfungsi sebagai lambang kebanggaan nasional atau lambang kebangsaan. Bahasa Indonesia juga mencerminkan nilai-nilai sosial yang mewakili identitas Indonesia. Bahasa pada dasarnya sebagai alat untuk menyampaikan informasi atau untuk mengutarakan pikiran, perasaan, atau gagasan.

Contoh :

Peranan mahasiswa dalam mempertahankan bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan adalah dalam penggunaan bahasa pengucapannya sehari-hari untuk berbincang-bincang dengan orang lain baik secara formal maupun informal. Selain itu mahasiswa juga diharapkan untuk dapat mengutamakan bahasa Indonesia daripada bahasa asing seperti bahasa Inggris ataupun bahasa yang lainnya untuk menjaga kelestarian bahasa Indonesia supaya tidak dicampur-adukkan dengan bahasa lain yang dapat membuat eksistensi bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan perlahan-lahan mulai terancam.